Kamis, 13 Oktober 2011

Pengantar Arsuransi Kesehatan


Asuransi kesehatan
“….a social instrument whereby individuals transfer the financial risks associated with loss of health to the group of individuals, and which involves the accumulation of funds by the group from these individuals to meet the uncertain financial losses from an illness or for prevention of an illness”. (Black and Skipper 1994)

Asuransi kesehatan
“.... Sebuah instrumen sosial dimana individu transfer resiko keuangan yang terkait dengan hilangnya kesehatan untuk kelompok individu, dan yang melibatkan akumulasi dana oleh kelompok dari individu-individu untuk memenuhi kerugian finansial yang tidak pasti dari sakit atau untuk pencegahan penyakit”. (Black and Skipper 1994)

Issue penting à adanya prinsip transfer risiko, adanya risiko finansial, adanya kehilangan kesehatan dan kehilangan uang karena sakit atau pencehagan penyakit
à unsur jaminan (security, protection), gotong royong (sharing), kontrak, premi (iuran), hazard, dan cakupan spesifik berupa kejadian sakit atau pencegahan penyakit (paket atau benefit)



Prinsip Asuransi
Uncertainty of loss: ketidakpastian akan adanya kerugian/kesakitan
Measurability of loss: kerugian dapat diukur
A large number of insured (law of the large number): jumlah tertanggung cukup memadai
A significant size of potential loss: kerugian yang diakibatkan mempunyai dampak keuangan yang besar
An equitable method of sharing the risk: pembagian risiko secara adil

Materi dapat di download di blog depan ( dengan judul materi pengantar arsuransi kesehatan) bagian file download (klik disini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar